Selasa, 08 Juni 2010

Tari Aceh Masa Dulu, Sekarang dan Masa Depan ( SePAt )

Minggu 29 Mei bertempat di Balee Gadeng Yogyakarta, Seniman Perantauan Atjeh atau yang di singkat dengan SePAt bekerja sama dengan beberapa sanggar dan seniman Aceh yang ada di Yogyakarta mengadakan sebuah acara yang bertemakan '' Tari Aceh Masa Dulu, Sekarang dan Masa Depan”, acara ini diadakan sebagai wujud pengenalan tari Aceh kepada masyarakat Yogyakarta khususnya mahasiswa/i yang menjadi pewaris seni nusantara.
Tidak cuma menampilkan tarian, tapi juga menjelaskan sinopsis dari tarian itu sendiri, itulah tujuan awal dari diadakannya acara tersebut, hal ini sangat penting dalam hal mengenalkan bentuk, asal-usul dan makna tari Aceh itu sendiri agar kesalah pahaman dan kekeliruan dari pengembangannya tidak terlalu keluar dari kaedah-kaedah Aceh dan keislaman.
Selain dihadiri oleh beberapa perwakilan UKM kampus, turut serta beberapa seniman,  mahasiswa dan masyarakat Aceh yang ada di Yogyakarta.
Sedangkan Untuk pementasan tarian,  SePAt menampilkan beberapa grup dari beberapa UKM kampus yang diantaranya adalah sanggar dari universitas di Jogja yang telah menjadi anak didiknya selama 2 tahun lebih, dan sanggar mahasiswa Aceh Yogyakarta. Tarian yang ikut dipentaskan kali ini adalah tari ranup lampuan, Likok Puloe, Rapa'i Geleng, Ratoh Duek dan Saman Gayo.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India